"selamat membaca tulisan yang disuguhkan tuk semua pembelajar sejati yang mengunjungi blog sederhana ini, thank's for visiting my blog"

Kamis, 05 Maret 2009

Manfaat Sholat Berjama'ah

Sering kali kita lalai untuk bersegera melakukan kebaikan karena tidak mengetahui manfaat dari kebaikan yang kita lakukan. So, saya ingin berbagi sedikit tentang manfaat shalat berjama’ah (terutama di masjid buat yang merasa cowok, pria atawa ikhwan) supaya kita semua pada semangat untuk melakukan amalan yang satu ini. Check this out!
1. Bentuk Kepatuhan Terhadap Perintah Allah dan Rasul-Nya.
”Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orag-orang yang rukuk” (Al-Baqarah : 43).
Ibnu Katsir menjelaskan tentang ayat tersebut dengan keterangan, ’hendaklah bersama orang-orang beriman dalam berbagai perbuatan mereka yang terbaik, dan yang paling utama dan sempurnakanlah semua itu dengan shalat’.

2. Sebagai Bukti Keimanan
”Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk”. (At-Taubah : 18)

3. Sarana Menjaga Diri Dari Gangguan Syetan
”Tiada tiga orangpun di dalam sebuah desa atau lembah yang tidak diadakan di sana shalat berjama’ah, melainkan telah nyatalah bahwa mereka telah dipengaruhi oleh syetan. Karena itu jagalah shalat berjama’ah, sebab hanya kambing yang terpencil dari kawanannya sajalah yang dapat dimakan oleh serigala”. (HR. An Nasa’i)

4. Menjauhkan Diri Dari Sifat Orang Munafik
Di antara sifat orang munafik adalah mereka bermalas-malasan dalam shalat. Hal ini dinyatakan oleh Allah dalam surat An Nisa ayat 142.
”Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya’ (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut nama Allah kecuali sedikit sekali”.

”Tidaklah ada shalat yang lebih berat bagi orang-orang munafik melebihi (beratnya) shalat Shubuh dan Isya’. Dan seandainya mereka mengetahui pahala pada keduanya, niscaya mereka akan datang (berjama’ah) meskipun dengan merangkak” (Mutafaqun ’Alaih).

5. Menjadi Sebab Diampuni Dosanya oleh Allah
”Jika imam mengucapkan ”ghoiril maghdhubi ’alaihim waladhallin” (bukan orang-orang yang Engkau murkai dan bukan pula oranng-orang yang tersesat) maka ucapkanlah ”amin”, karena sesungguhnya siapa yang ucapan (aminnya) bersamaan dengan ucapan malaikat, maka ia akan diampuni dari dosa-dosanya yang telah lalu” (HR.Mutafaqun ’Alaih).

”Jika imam mengucapkan ”sami’allahu liman hamidah” (Allah Maha Mendengar orang yang memuji-Nya) maka ucapkanlah ”Allahumma rabbana lakal hamdu” (Ya Rabb kami, bagi-Mu segala puji), karena sesungguhnya siapa yang ucapannya bersamaan ucapan malaikat, niscaya ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (HR. Mutafaqun ’Alaih).

”Siapa yang berwudhu untuk shalat dan menyempurnakan wudhunya, lalu berjalan (untuk menunaikan shalat wajib, dan ia shalat bersama manusia atau bersama jama’ah atau di dalam masjid, niscaya Allah mengampuni dosa-dosanya” (HR. Muslim).

6. Berada Dalam Jaminan Allah
”Siapa yang shalat Shubuh secara berjama’ah maka ia berada dalam jaminan Allah”.

7. Mendapatkan naungan Allah di Hari Kiamat
”Tujuh golongan manusia yang Allah akan menaunginya pada hari kiamat di mana tiada perlindungan kecuali perlindungan-Nya. ... seseorang yang hatinya senantiasa bergantung dengan masjid” (HR. Muslim).

8. Bebas Dari Neraka dan Sifat Munafik
”Siapa yang melakukan shalat berjama’ah selama 40 hari, dan ia mendapatkan takbir pertama, niscaya dituliskan untuknya dua pembebasan, bebas (selamat) dari neraka dan selamat dari nifak”.

9. Selamat Dari Kelalaian
”Sungguh beberapa kaum benar-benar akan menghentikan (kebiasaannya) meninggalkan shalat berjama’ah atau Allah benar-benar akan mengunci mati hati mereka lalu mereka benar-benar termasuk orang yang lalai” (HR. Ibnu Majah).

10. Sebagai Media Fastabiqul Khoirot (berlomba-lomba dalam kebaikan)
Berlomba-lomba dalam kebaikan, amal sholeh, yang telah diperintahkan Allah kepada hamba-hamba-Nya. Allah berfirman;
”Dan yang demikian itu, hendaknya orang berlomba-lomba” (QS. Al-Muthaffifin : 26).

Tuh kan guy’z, manfaatnya oke buangeet khan?! So, masih ada yang mau males-malesan sholat berjama’ah (apalagi buat yang cowok-cowok niih)? Pastinya enggak dunk yaaaaa....? Pahalanya Syurga gitu lho........!!!! Semangat.....!!!!!

Sumber:”The Power Of Shalat Jama’ah”; Abdullah Khoir, Insan Media.

2 komentar:

  1. Assalamualaikum..Bagus banget neh..Terima kasih ya
    Islam Is Our Way :-)
    Wassalam

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum,,,sungguh besar manfaat dari sholat berjamaah itu so marilah kita berlomba-lomba untuk mencari pahala dari Allah SWT ya,,Wassalam,,,

    BalasHapus